Rabu, 28 November 2012

BRAVOOO. . . . Sosialisasi P4GN di Kec.Benjeng Gresik Oleh BNN Kabupaten Gresik


BNNK GRESIK
Gresik, KNM-Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dikalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini dikemudian hari, karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih, yang mengakibatkan generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Kebanyakan sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau dirata-ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Sementara napza merupakan singkatan dari narkotika alkohol psikotropika dan zat adiktif lainnya (obat-obat terlarang, berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut). Kedua istilah tersebut sering digunakan untuk istilah yang sama, meskipun istilah napza lebih luas lingkupnya. Narkotika berasal dari tiga jenis tanaman, yaitu (1) candu, (2) ganja, dan (3) kokain. Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai keadaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi obat-obat terlarang secara berulang-ulang atau berkesinambungan. Apabila tidak melakukannya dia merasa ketagihan (sakau) yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan perasaan sakit yang sangat pada tubuh.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap putra-putri Bangsa, Badan Narkotika Nasional Kab.Gresik mengadakan sosialisasi/penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk Karang taruna, Perangkat desa, Pelajar Kec.Benjeng Gresik.Bertempat di balai Kecamatan Benjeng,Gresik.


Badan Narkotika Nasional Kab. Gresik (BNNKG) menyampaikan pesan kepada peserta penyuluhan anti narkoba agar menjauhi narkoba. BNNKG  memberikan arahan dan pengenalan terhadap jenis-jenis obat terlarang yang sering diedarkan dalam berbagai macam bentuk, ada yang bebentuk permen, rokok, minuman, lipstik, bedak, dan bentuk lainnya yang sudah sangat umum kita konsumsi. Sehingga kita dianjurkan harus selalu waspada terhadap apa yang kita konsumsi.


Selain itu, diberikan juga penjelasan tentang dampak dari pemakaian narkoba bagi tubuh yang dapat berujung dengan kematian. Antusiasme para siswa-siswi dalam menyimak sosialisasi tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan. Tujuan dari penyuluhan ini adalah sebagai bentuk pengetahuan akan bahaya narkoba yang dapat merusak setiap sendi kehidupan bagi pemakainya dan diharapkan bagi anak-anak yang masih atau pernah menggunakan untuk tidak menggunakan lagi demi kelangsungan akan masa depan yang lebih cerah nantinya. “jika kalian menemukan orang atau pengguna narkoba, harap langung lapor ke BNNKG, karena dari tim BNNKG akan merahabilitasi pengguna tersebut hingga sembuh ” tegas Ir. Eko Indra W. KASI Bagian Pencegahan. 

”Sebelumnya saya tidak tahu bentuk narkoba, sekarang baru mengetahuinya,” ucap seorang siswa yang mengikuti sosialisasi tersebut. Seusai mengikuti penyuluhan, siswa tersebut juga mengaku akan mensosialisasikan bahayanya narkoba kepada pelajar lain. Sosialisasi ini sebenarnya sangat dibutuhkan siswa-siswi lain agar tidak terjerumus ke lubang narkoba dan berani berbuat agar Gresik Bebas dari Narkoba Th 2015.(net/F/admin)

0 komentar:

Posting Komentar