Sabtu, 24 November 2012

Mobil Dinas Baru JATAH DPRD Sidoarjo . . . :)

2 unit mobil Toyota Fortuner TRD Sportivo Diesel 2,5

Sidoarjo, KNM - Keberadaan tiga mobil dinas baru, Toyota Camry 2,5 V untuk Ketua DPRD Sidoarjo dan dua buah Toyota Fortuner TRD Sportivo Diesel 2,5 warna hitam dan putih untuk dua Wakil Ketua DPRD yang diparkir di belakang halaman DPRD Sidoarjo, jadi topik rasan-rasan internal dewan.


Kenapa? Ada perubahan jenis mobdin untuk dua wakil ketua. Dalam pembahasan anggaran dalam APBD 2012, rencananya dua mobdin wakil ketua itu Toyota Corolla Altis, tapi ganti Toyota Fortuner.

Terlebih, warnanya ada yang putih. Tidak biasanya mobdin pejabat warnanya putih. Sepertinya dipesan soal warna itu. "Belinya memakai uang rakyat. Mestinya kalau mau warna putih, beli sendiri. Tidak lazim pejabat publik dewan memakai mobdin warna putih," ujar salah satu anggota dewan yang enggan disebut namanya, Jumat (23/11/2012).

Tiga mobdin baru itu, Toyota Camry untuk Ketua DPRD Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno, Toyota Fortuner warna putih untuk Wakil ketua DPRD dari PKB Abdul Kholik dan Fortuner warna hitam untuk Wakil Ketua DPRD dari FPAN Khulaim Junaidi. Sedangkan Wakil Ketua DPRD dari PDIP Imam Supii tetap menggunakan Toyota Altis tahun 2010.

Dikonfirmasi soal mobdin baru itu, Ketua DPRD Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno menganggap sudah layak jika ganti mobil. Sebab, mobil yang digunakan kini umurnya lebih dari lima tahun. "Biaya perawatan mobdin lama, tinggi. Saya berharap mobdin baru ini bisa menekan angka perawatan," keluhnya.

Toyota Camry 2,5 V untuk Ketua DPRD Sidoarjo

Soal untuk wakil dijatah Fortuner, ia mengaku tidak tahu setahunya ada pengadaan mobdin untuk ketua dan dua wakil ketua. "Coba tanya ke setwan atau banggar," tandas politisi Demokrat tersebut.

Sekretaris DPRD Sidoarjo Endang Soesijanti terkesan mengelak ketika dikonfirmasi mobdin tersebut. Dia menyuruh Bambang Suryono, salah satu panitia pengadaan barang dan jasa di Setwan. "Saya mau rapat Badan Musyawarah, tanya pak Bambang saja," jawabnya menghindar.

Bambang Suryono yang menjabat Kabag Perundang-undangan Setwan mengatakan jika proses lelang pengadaan mobdin itu sudah sesuai aturan. Termasuk untuk kapasitas mesin mobil Toyota Fortuner 2500 cc itu sudah ada aturannya. 

"Kalau soal perubahan warna, saya tidak tahu. Mungkin ada yang memesan warna putih. Awalnya hitam, kok berubah jadi putih saya tidak tahu," tegasnya dengan mengaku yang persis tahu adalah Silfiati yang juga panitia lelang dan bendahara setwan.

Dalam APBD 2012 memang dianggarkan dana pengadaan mobil operasional dewan, berupa tiga unit untuk pimpinan dewan. Kala itu dianggarkan sebesar Rp 1,6 miliar, termasuk untuk pengadaan beberapa sepeda motor staf dewan.

Berdasarkan harga pasaran untuk mobil Toyota Camry 2,5 V sekitar Rp 520 juta. Sedangkan untuk Toyota Fortuner TRD Sportivo diesel 2,5 harganya sekitar Rp 430 juta. Sedangkan harga mobil Toyota Corolla Altis Rp 350 juta. (F/net )


0 komentar:

Posting Komentar