Senin, 22 Oktober 2012

PT Perkebunan Nusantara X (Persero), Berhasil dalam Meningkatkan Rendemen Tebu.



Surabaya,KNM-PT Perkebunan Nusantara X (Persero) mencatatkan tiga Pabrik Gula (PG) miliknya di jajaran lima besar PG dengan rendemen tertinggi di Indonesia. 
Ketiga PG tersebut yaitu PG Ngadiredjo (Kediri), PG Modjopanggoong (Tulungagung) dan PG Pesantren Baru (Kediri).


"Sedangkan PG Ngadiredjo sekarang tercatat sebagai PG dengan rendemen tertinggi di seluruh PG milik BUMN," ujar Sekretaris Perusahaan PTPN X, M. Cholidi di Surabaya (22/10). Rendemen PG Ngadiredjo saat ini sudah mencapai 8,69%.

Dikatakan Cholidi, kapasitas giling PTPN X saat ini mencapai sekitar 37.000 ton tebu per hari (TCD). Ke depan akan dikerek ke level minimal 40.000 TCD.

"Namun tentu saja dalam hal ini kami akan mempertimbangkan sumber pasokan dari petani," ujarnya. Karena itu persero terus mengkaji perluasan lahan-lahan baru potensial di beberapa wilayah di Jawa Timur, seperti di Madura, Bojonegoro dan Tuban. Saat ini, perseroan juga dipercaya Kementrian BUMN untuk menangani Pabrik Gula Takalar, Bone, dan Caming yang ada di Sulawesi.

Selain meningkatkan kinerja, perseroan juga terus mendorong efisiensi. Dalam hal konsumsi bahan bakar misalnya, PTPN X mampu menekan dari Rp128 miliar pada 2008 menjadi Rp8 miliar pada 2011 dan pada musim giling tahun ini diprediksi hanya Rp4 miliar.

Perseroan memaksimalkan ampas tebu untuk bahan bakar. "Sesuai road map kami, PTPN X bisa bebas atau zero BBM untuk pengolahan pada 2014. Bahan bakar harus minim karena tebu punya karakteristik sebagai sumber energi, ujar Cholidi.(F/admin)



0 komentar:

Posting Komentar